Kamis, 07 September 2017

Ikuti panduan ini agar membeli rumah menjadi lebih mudah





Kamu sudah memiliki keinginan untuk hidup mandiri? sudah menikah dan merasa perlu untuk membeli rumah sendiri? atau kamu hanya ingin memanfaatkan uang yang kamu miliki untuk sekedar investasi properti dengan membeli rumah?

Jika pekerjaan dan kondisi finansialmu sudah memadai, mungkin sekarang saat yang paling tepat bagi kamu untuk mempertimbangkan membeli rumah sendiri. Mencari agen jual rumah murah di Jakarta Barat merupakan hal yang harus kamu lakukan, terutama bila kamu sudah memiliki niat untuk berkeluarga dan menata masa depan. Jika kamu termasuk orang yang pertama kalinya membeli real estate atau properti, hal pertama yang kamu pikirkan ialah “bagaimana kamu akan memulainya ?” apakah ada tempat yang cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu dan pasangan ? apakah uangmu akan cukup untuk membeli rumah tersebut ?. kamu tidak perlu khawatir akan masalah keuangan ketika uang yang kamu miliki masih dirasa belum cukup untuk melunasi rumah secara tunai. Kamu bisa mengajukan aplikasi KPR di bank lokal atau lembaga keuangan terdekat.

Selain masalah keuangan, kamu harus mengetahui bagaimana langkah dan proses yang harus kamu lalui ketika membeli rumah murah di Jakarta Barat, mulai dari mencari agen properti hingga ke proses jual beli dan serah terima sertifikat serta balik nama. Dibawah ini kamu bisa melihat dan memahami bagaimana alur proses membeli rumah secara sekilas.

Pahami kondisi finansial
Pahami dan pelajari dengan baik bagaimana kondisimu saat ini. Ketahui kondisi finansialmu  pastikan agar mencukupi dan cukup stabil untuk membeli rumah. Apakah kamu tinggal sendiri atau masih dengan keluarga ? apakah keluarga memberikan izin dan restu bila kamu memutuskan untuk membeli rumah yang akan kamu tempati ? berapa lama kamu akan tinggal dan menetap di rumah yang kamu beli ?

Pilih sistem pembayaran yang akan kamu gunakan
Sistem pembayaran untuk membeli rumah biasanya bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu secara tunai dan kredit. Sistem pembayaran yang dilakukan secara tunai memang lebih menguntungkan, karena harga jual rumah yang kamu bayarkan akan lebih rendah dibandingkan dengan saat kamu menempuh pembayaran dengan cara kredit atau KPR. Bahkan jika kamu membeli pada agen developer tertentu ada yang menawarkan potongan harga bagi kamu yang menempuh jalur pembayaran membeli rumah secara tunai. Berbeda dengan ketika kamu membeli rumah dengan kredit kamu akan dibebankan dengan bunga dan nilai cicilan yang harus kamu tunaikan setiap bulannya. Tapi cara pembayaran kredit ini bisa kamu lakukan jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk membeli rumah dengan tunai.

Mencari Rumah
Kamu tentu tau betul rumah seperti apa yang kamu inginkan. Dan lingkungan atau kawasan seperti apa yang kamu butuhkan. Apakah kamu akan memilih rumah di pinggiran kota atau di pusat kota ? keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Yang paling penting ialah fasilitas public atau umum yang kamu butuhkan dan berbagai faktor seperti transportasi umum, fasilitas rekreasi, toko – toko , pusat perbelanjaan, restoran, jarak ke tempat kerja, infrastruktur, sekolah dan rumah sakit, harga rumah, keselamatan, sistem keamanan hingga biaya hidup.

Pilih rumah dengan membandingkan
Buat daftar properti atau rumah yang tepat atau sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Hubungi agen atau orang yang menjual rumah untuk menyampaikan ketertarikamu terhadap properti yang mereka miliki. Atur jadwal untuk melihat dan meneliti kondisi bangunan rumah. Dengarkan dan lakukan sesuai dengan instingmu, jangan takut untuk menyampaikan pendapatmu akan properti atau rumah murah di Jakarta Barat. Datangi setiap rumah yang ada di daftar, dengan begitu kamu akan lebih mudah memutuskan rumah mana yang sesuai dan pas untukmu.

Pertimbangkan Biaya Dan Properti
Pertimbangkan biaya properti yang dijual dengan anggaran yang kamu miliki. Pertimbangkan biaya perbaikan atau renovasi rumah, biaya kepemilikan rumah, biaya pajak dan biaya – biaya lainnya. Bicarakan hal ini dengan pasangan atau anggota keluarga untuk membantu menemukan keputusan akhir.

Tentukan pilihan
Lakukan negosiasi dengan penjual akan harga jual rumah yang dia tawarkan. Bawa seseorang yang paham betul dengan hal ini, atau kamu bisa meminta bantuan agen properti atau broker untuk mendapatkan harga jual terbaik. Setelah itu kamu bisa menyelesaikan proses kepemilikan rumah tersebut. Teliti, awasi dan pastikan dokumen rumah merupakan legal dan tidak memiliki masalah, lakukan pembayaran uang muka, Urus surat – surat kepemilikan rumah, kemas barang – barang dan segeralah tempati rumah yang kamu beli.

Saat kamu membeli rumah, pastikan untuk melakukannya dengan perencanaan yang matang. Dan pahami alur proses jual beli rumah dengan seksama. Bila perlu gunakan jasa agen properti atau broker untuk memudahkan proses membeli rumah. Semoga informasi diatas bisa memberikan gambaran yang cukup jelas akan tata cara dan langkah – langkah yang akan kamu hadapi saat membeli rumah baru.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.